Selasa, 08 September 2009

AstraWorld Terapkan mySAP CRM

AstraWorld Terapkan mySAP CRM

Menurut CEO AstraWorld, Hendry Yoga, dengan implementasi mySAP CRM, diharapkan layanan terhadap pelanggan dapat ditingkatkan dan bisa tercipta diferensiasi kuat dengan pesaing. "Selain itu, proses bisnis dan tugas-tugas administrasi dapat disederhanakan," ujar Hendry. 

Sementara itu, menurut Chief Information Officer (CIO) PT Astra International Tbk, Ganda Kusuma, sebelum mengimplementasikan mySAP CRM, AstraWorld telah mengimplementasikan solusi CRM lain. Dengan solusi CRM tersebut, sistem tidak bekerja sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satunya dan yang paling menonjol adalah tidak adanya integrasi, di mana hal ini bertentangan dengan prinsip dasar CRM. 

Fungsi-fungsi mySAP CRM dapat membantu perusahaan membentuk organisasi perusahaan menjadi customer-centric. Implementasi dan integrasi solusi mySAP CRM dengan solusi mySAP ERP membantu perusahaan mendapatkan integrasi bisnis secara menyeluruh (end-to-end). Selain itu, efisiensi layanan pelanggan dan respon terhadap kebutuhan dan permintaan pelanggan juga dapat ditingkatkan. 

Dengan satu sistem yang telah terintegrasi secara penuh, AstraWorld berhasil melakukan penghematan dengan cepat, menyederhanakan proses bisnis dan menghemat waktu karena memangkas data entry secara manual dan mengurangi peluang terjadinya kesalahan. 

Implementasi perdana mySAP CRM melibatkan 21 pengguna. SAP Consulting memberikan dukungan terhadap seluruh proses yang berlangsung, dengan memadukan tenaga-tenaga ahli lokal dan sumber daya regional. Kerja sama AstraWorld dan Corporate Information System and Technology PT. Astra International serta SAP Consulting berhasil menyelesaikan pemasangan perdana mySAP CRM dalam waktu enam bulan. Pengerjaan proyek dimulai pada Januari 2006 dan pada Juni 2006 telah "go live".


artikel asli

5 komentar:

  1. Karin, mySAP CRM itu sebenernya kaya ap ya?
    N kepanjangan CRM nya sendri ap rin?
    Thax y..

    BalasHapus
  2. rin...

    disini anda menjelaskan tentang mySAP CRM...

    pada paragraf ke-2 baris akhir, anda menyebutkan prinsip dasar CRM!
    yang mau saya tanyakan adalah...
    apa saja prinsip dasar CRM itu?????

    trim's

    BalasHapus
  3. SAP CRM itu sejenis g c???
    Kl ada perbedaan,.bedanya dimana??

    BalasHapus
  4. jawaban untuk randi :

    Customer Relationship Management atau yang sering disebut CRM merupakan strategi pemasaran yang saat ini marak sekali dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan/ konsumen mereka tetap membeli produk/ memakai jasa mereka.

    Dalam perkembangannya, CRM bisa didefinisikan sebagai berikut:
    - IT: Record everything (current data and historical data) and we can review information anywhere, anytime, and on demand!
    - Sales/Marketing : looking for open sales, closed/history sales, and future sales.

    muga2 puas dgn jawaban ini..
    thx u..

    BalasHapus
  5. jawaban untuk rika :

    prinsip dasar CRM kalo kita cari di mbah google banyak...
    tapi intinya PRINSIP DASAR CRM adalah..
    - Mengambil data input berupa data profil dari semua pelanggan (customer) dan memberikan informasi yang sesuai kepada pelanggan berupa informasi tentang customers history, kebutuhan-kebutuhan pasar dan isu-isu lain seputar perkembangan pasar.

    Secara umum tujuan penerepan CRM adalah sebagai berikut:
    - Mengenali dan menganalisa relasi
    - Mengenali dan menganalisa pasar
    - Mengenali dan menganalisa produk keluaran


    Jawaban untuk Yusie :

    Jadi gini yusi,
    mySAP = nama produk atau bisa dikatakan sebuah merk dagang..
    CRM itu nama jenis sistem strategi pemasaran

    dari sini aja udah beda kan?

    muga2 kalian puas dgn jawaban ini..
    thx u..

    BalasHapus